Oleh: nasa88 | 27 Juli 2012

Hama Dan Penyakit Tanaman Durian

Durian merupakan salah satu buah yang paling di gemari,hal ini di sebabkan  oleh rasanya yang lezat dan ciri khas bau dari durian tersebut.Maka dari itu banyak para petani yang membudidayakannya.Dan dari budidaya pun tak lepas juga dari hama dan penyakit dari tanaman durian tersebut yang mungkin sebagian para petani durian belum tahu dan belum memahami bagaimana teknik untuk mengatasi hama dan penyakit tersebut.Berdasarkan dari itu lah akan saya kupas tentang Hama dan penyakit tanaman durian dan cara penanggulangannya dengan menggunakan Pupuk Organik Nasa dan Pestisida Organik Nasa yang telah terbukti mampu membantu para petani durian dalam meningkatkan produksi panen  tanaman durian mereka.Adapun Hama dan Penyakit pada tanaman durian sbb :

HAMA

Penggerek buah

  • Ciri :  telur diletakkan pada kulit buah dan dilindungi oleh jaring-jaring mirip rumah laba-laba. Larva yang telah menetas dari telur langsung menggerek dan melubangi dinding-dinding buah hingga masuk ke dalam. Larva tersebut tinggal di dalam buah sampai menjadi dewasa. Buah yang diserang kadang-kadang jatuh sebelum tua.
  • Penyebaran : serangga penggerek buah menyebar dengan cara terbang dari pohon durian yang satu ke pohon lainnya. Serangga penggerek buah ini bertelur pada buah durian yang dihinggapinya. Kegiatan bertelur ini dilakukan secara periodik setiap menjelang musim kemarau.
  • Pengendalian:  Penyemprotan dengan  menggunakan Pestisida Organik Nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3) tutup /tangki semprot.lakukan penyemprotan di sore hari.

Lebah mini

  • Ciri : hama ini berukuran kecil, tubuhnya berwarna coklat kehitaman dan sayapnya bergaris putih lebar. Setelah lebah menjadi merah violet, ukuran panjangnya menjadi 3,5 cm. Pada fase ulat (larva), hama ini menyerang daun-daun durian muda. Selama hama tersebut mengalami masa istirahat (bentuk kepompong), mereka akan menempel erat pada kulit buah. Setelah menjadi lebah serangga ini mencari makan dengan cara menggerek ranting-ranting muda dan memakan daun-daun muda.
  • Pengendalian : Penyemprotan dengan  menggunakan Pestisida Organik Nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3) tutup /tangki semprot.lakukan penyemprotan di sore hari.

Ulat penggerek bunga ( Prays citry )

  • Ulat ini menyerang tanaman yang baru berbunga, terutama bagian kuncup bunga dan calon buah.
  • Ciri: ulat ini warna tubuhnya hijau dan kepalanya merah coklat, setelah menjadi kupu-kupu berwarna merah sawo agak kecoklatan, abu-abu dan bertubuh langsing.
  • Gejala: kuncup bunga yang terserang akan rusak dan putiknya banyak yang berguguran. Demikian pula, benang sari dan tajuk bunganya pun rusak semua, sedangkan kuncup dan putik patah karena luka digerek ulat. Penularan ke tanaman lain dilakukan oleh kupu-kupu dari hama tersebut.
  • Pengendalian:
  1. Olah tanah yang bagus dengan memakai Pupuk Organik NASA yang berupa super nasa di campurkan pupuk kimia dasar yang biasa di pakai. pupuk kimia dasar bisa di kurangi 30 % – 50%  dari anjuran dinas pertanian setempat.
  2. Penyemprotan dengan  menggunakan Pestisida Organik Nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3) tutup /tangki semprot.lakukan penyemprotan di sore hari.

Kutu loncat durian

  • Ciri: serangga berwarna kecoklatan dan tubuhnya diselimuti benang-benang lilin putih hasil sekresi tubuhnya; bentuk tubuh, sayap dan tungkainya mirip dengan kutu loncat yang menyerang tanaman lamtoro.
  • Gejala: kutu loncat bergerombol menyerang pucuk daun yang masih muda dengan cara menghisap cairan pada tulang-tulang daun sehingga daun-daun akan kerdil dan pertumbuhannya terhambat; setelah menghisap cairan, kutu ini mengeluarkan cairan getah bening yang pekat rasanya manis dan merata ke seluruh permukaan daun sehingga mengundang semut-semut bergerombol.
  • Pengendalian:
  1. daun dan ranting-ranting yang terserang dipangkas untuk dimusnahkan.
  2. Penyemprotan dengan  menggunakan Pestisida Organik Nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3) tutup /tangki semprot. lakukan penyemprotan di sore hari.
  3. Atau menyemprotkan Pestisida Organik Nasa yang berupa Natural BVR dengan dosis 4 sendok makan Natural BVR / tangki semprot.Lakukan penyemprotan di sore hari.

Penyakit

Phytopthora parasitica dan Pythium complectens

  • Penyebab : Pythium complectens, yang menyerang bagian tanaman seperti daun, akar dan percabangan.
  • Penularan dan penyebab : penyakit ini menular dengan ke pohon lain yang berdekatan. Penularan terjadi bila ada akar yang terluka. Penularan terjadi bersama-sama dengan larutnya tanah atau bahan organik yang terangkut air.
  • Gejala: daun durian yang terserang menguning dan gugur mulai dari daun yang tua, cabang pohon kelihatan sakit dan ujung-ujungnya mati, diikuti dengan berkembangnya tunas-tunas dari cabang di bawahnya. Kulit di atas permukaan tanah menjadi coklat dan membusuk. Pembusukan pada akar hanya terbatas pada akar-akar sebelah bawah, tetapi dapat meluas dari ujung akar lateral sampai ke akar tunggang. Jika dilihat dari luar akar yang sakit tampak normal, tetapi jaringan kulitnya menjadi colat tua dan jaringan pembuluh menjadi merah jambu.
  • Pengendalian :
  1. Olah tanah yang bagus dengan memakai Pupuk Organik NASA yang berupa super nasa di campurkan pupuk kimia dasar yang biasa di pakai. pupuk kimia dasar bisa di kurangi 30 % – 50%  dari anjuran dinas pertanian setempat.
  2. Pemakaian Produk Nasa yang berupa Natural GLIO yang sudah di fermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu,cara fermentasinya 1 kotak Natural Glio di campurkan dengan 50 Kg pupuk kandang. Lalu masukkan ke lubang tanah di sekitar tanaman durian yang mau ditanamkan
  3. Upayakan drainase yang baik agar tanah tidak terlalu basah dan air tidak mengalir ke permukaan tanah pada waktu hujan.

Kanker bercak

  • Penyebab : Pythium palvimora, terutama menyerang bagian kulit batang dan kayu. Penyebaran oleh spora sembara bersamaan dengan butir-butir tanah atau bahan organik yang tersangkut air. Penyebaran penyakit ini dipacu oleh curah hujan yang tinggi dalam cuaca kering. Jamur dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 12-35°C.
  • Gejala: kulit batang durian yang terserang mengeluarkan blendok (gum) yang gelap; jaringan kulit berubah menjadi merah kelam, coklat tua atau hitam; bagian yang sakit dapat meluas ke dalam sampai ke kayu; daun-daun rontok dan ranting-ranting muda dari ujung mulai mati.
  • Pengendalian :
  1. Olah tanah yang bagus dengan memakai Pupuk Organik NASA yang berupa super nasa di campurkan pupuk kimia dasar yang biasa di pakai. pupuk kimia dasar bisa di kurangi 30 % – 50%  dari anjuran dinas pertanian setempat.
  2. Pemakaian Produk Nasa yang berupa Natural GLIO yang sudah di fermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu,cara fermentasinya 1 kotak Natural Glio di campurkan dengan 50 Kg pupuk kandang. Lalu masukkan ke lubang tanah di sekitar tanaman durian yang mau ditanamkan.
  3. Penyemprotan dengan  menggunakan Pestisida Organik Nasa yang berupa pestona + Aero-810 dengan dosis ( 5 + 1/3) tutup /tangki semprot.lakukan penyemprotan di sore hari.
  4. Di bekas luka pada pohon durian bisa kita oleskan POC NASA dengan cara 1 tutup Poc Nasa + 1 liter air,lalu oleskan di bekas luka pada pohon durian.

Jamur upas

  • Gejala: pada cabang-cabang dan kulit kayu terdapat benang-benang jamur mengkilat seperti sarang laba-laba pada cabang-cabang. Jamur berkembang menjadi kerak berwarna merah jambu dan masuk ke dalam kulit dan kayu sehingga menyebabkan matinya cabang.
  • Pengendalian:
  1. Olah tanah yang bagus dengan memakai Pupuk Organik NASA yang berupa super nasa di campurkan pupuk kimia dasar yang biasa di pakai. pupuk kimia dasar bisa di kurangi 30 % – 50%  dari anjuran dinas pertanian setempat.
  2. Pemakaian Produk Nasa yang berupa Natural GLIO yang sudah di fermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu,cara fermentasinya 1 kotak Natural Glio di campurkan dengan 50 Kg pupuk kandang. Lalu masukkan ke lubang tanah di sekitar tanaman durian yang mau ditanamkan.

 


Responses

  1. terimakasih semoga berhasil termasuk saudara-saudara yang lain. namun ada yang lain perlu saya tanyakan sbb: kenapa di halamanku tanaman durian buah pertama s/d ke 2 sangat memuaskan namun setelah tahun-tahun berikutnya banyak cabang yang kering kemudian matii. tank

    • terima kasih atas kunjungannya pak,untuk keluhan tanaman bpak coba bpak pastikan dulu tentang tatacara pemupukan apakah sudah terpenuhi tentang unsur hara yang di perlukan oleh tanaman durian tsb,Maka dari itu dengan pemupukan memakai pupuk organik nasa sangat banyak membantu dalam menyetabilkan unsur hara tanah yang di perlukan oleh tanaman tersebut. Dan tak lupa kandungan air tanah tsb,dalam arti kata kebutuhan air yang di perlukan tanaman tersebut apakah sudah terpenuhi..terima kasih..

  2. numpang tanya pak… apa ada orang sekitar daerah pekanbaru yang menjual bibit durian yang diatas pak??

    • terima kasih pak atas kunjungannya,tentang bibit durian saya kurang tau pak.Nanti kalu ada saya informasikan ke bapak….

  3. pak sekarang hampir semua pohon durian mayoritas berbunga.ada sbgian yg sdh mekar sbgian blm.dr pglmn thn2sblmny.jrg skli mnjdi buah.bhkn rntk saat bga.adpun yg mnjdi buah.dlmny byk ulat.mohon solusinya.

    • terima kasih atas kunjungannya pak eko,untuk mencegah kerontokan buah bpak bisa pakaikan produk nasa yang berupa Power nutrition + KCl + TSP..Untuk pencegahan ulatnya bisa bapak pakaikan Natural Glio + pupuk kandang<dengan olah tanah yang bagus dengan mencukupi unsur makro dan mikro yang di perlukan tanaman,biasanya ulat akan berangsur-angsur hilang dan tidak menyerang tanaman itu kembali.

  4. mohon petunjuk bagaimana menanggulangi pohon durian kami batangnya berlobang mengeluarkan lendir warna coklat kemerah-merahan, trimakasih.

    • Semangat pagi bpak…terima kasih atas kunjungannya ke web saya…tentang penyakit durian bpak,dengan olah tanah yg baik,yaitu dengan pemakaian super nasa + power nutrition + poc nasa + hormonik di campurkan dengan 50% pupuk kimia yg biasa bpak pakaikan.trus untuk di batang yg luka bpak oleskan poc nasa…untuk info lebih jelasnya bpak bisa hub saya di nomor 085277611188 atau 082160211188..

  5. Saya mau tanya, kenapa daun tanaman durian saya makin lama makin agak mengering, dimulai dari ujung daun sampai ke pangkal..bagaimana cara mengatasinya dan apa obatnya….

    • terima kasih atas kunjungannya mas jumadil..untuk durian bapak bisa juga di akibatkan tingginya PH ( keasaman ) tanah di sekitar tanaman duria..cara penanggulangannya dengan di taburkan Dolomit atau kapur pertanian di sekitar tanaman..setelah berselang 1-2 minggu baru bisa di aplikasikan pupuk organik nasa yang berupa supernasa + poc nasa + power nutrition + hormonik + 50% pupuk kimia yang biasa di pakai..untuk lebih jelasnya mas bisa menghubungi saya di nomor 085277611188.terima kasih.

  6. Saya punya satu pohon durian yang saat ini berbuah cukup banyak hampir 20 buah. Sayangnya walaupun sudah besar dan beratnya rata2 3-4 kg, durian jatuh tetapi tidak manis, setelah dibiarkan 2 hari busuk. Mohon bnatuan bagaimana membuat durian menjadi manis, tahun lalu ada satu buah yang manis, Terima kasih, Suroto Adi, Jakarta.

    • Terima kasih atas kunjungannya pak suroto,untuk permasyalahan bapak tersebut di akibatkan olah tanah yang kurang,dalam arti kata kesetabilan pemakaian pupuk mikro + makro yang kurang seimbang,yang mengakibatkan kurangnya penyerapan terhadap pohon dan berakibat ke produksi buah..untuk menyeimbangkannya bapak bisa menggunakan Pupuk organik nasa yang berupa Power Nutrition + POC nasa + super nasa + hormonik dengan di campurkan pupuk kimia yang biasa bapak pakai,aplikasikan ke tanaman 1 bulan sekali..untuk lebih jelasnya bapak suroto bisa menghubungi saya langsung di nomor 085277611188 atau 082160211188..terima kasih

      • Terima kasih, saya akan hubungi pada jam kerja. Sebagai info tambahan, durian saya akarnya ke resapan air +/- 6m3 dan saya tidak pernah menggunakan pupuk. Mohon bantuan cara memupuknya. Terima kasih.

      • ok saya tunggu info dari bpak.

  7. thanks a lot

    • terima kasih atas kunjungannya pak……….

  8. apakah ppk organik nasa sdh tersedia juga di pe
    ngecer?

    • Terima kasih untuk kunjungannya pak,untuk kepengecer saya rasa belum ada pak,di karenakan pupuk organik nasa di salurkan dengan cara distributor ke konsumen langsung..klu mau bergabung jadi distributorpun bapak bisa,untuk lebih jelasnya bpak bisa menghubungi saya di nomor 085277611188 atau 085830144014..terima kasih.

  9. Pak, pohon durian saya mulai berbunga lagi, dulu saya sempat tanya bagaimana supaya nanti buahnya manis, pengalaman saya, dari14 biji, yang manis hanya dua, dan rata2 jatuh tetapi tidak manis (padahal katanya durian jatuh biasanya matang pohon dan manis karena tidak diperam). Rata2 buah durian saya 3kg/biji. Terima kasih responnya.

    • Terima kasih pak untuk kunjungannya..untuk meningkatkan buah dan buah supaya manis,bapak bisa mengginakan produk Nasa yaitu power nutrition dan super nasa,dengan di campurkan pupuk kimia ( urea,TSP,KCl / pakai NPK ).sehingga kebutuhan unsur makro dan mikro tanaman durian bapak tercukupi..dengan cukupnya unsur yang di perlukan tanaman tersebut yang membuat buah durian bpak manis dan bisa berbuah di luar musim..untuk info lebih lanjut bpak bisa menghubungi saya di nomor 085277611188 atau 085830144014..terima kasih.

  10. assalamu;alaikum
    saya punya tumbuhan durian yg usianya sekitar 1 setengah taun dan tinggi sekitar 1 meter,tetapi batangnya kering dan terkena hama
    bagaimana ya cara merawatnya???dan apa pupuknya???
    terimakasih

    • Walaikumsalam dan terima kasih atas kunjungannya bu,ibu bisa menggunakan pupuk dan pestisida organik dari nasa,untuk lebih detailnya ibu bisa menghubung saya di nomor 085277611188.terima kasih..

  11. saya baru mulal menanam durian di kebun sebagai selingan pada lahan selain untuk menjaga erosi tanah juga sebagai peneduh…. usia pohon baru 4 bulan, tpi perkembangannya lambat dan daun sering ganti ganti terus rontok kmudian tunas lagi,,.. krna pada awal tanam saya belum kenal dengan nasa , saran apa agar tanaman saya bisa cepat besar dan sehat, terima kasih sarannya

    • Terima kasih atas kunjungannya pak heru,tentang permasalahan bapak di atas tersebut diatas di karenakan pemupukan yang kurang berimbang sehingga pertumbuhan tanaman tadi berkurang,bapak bisa menggunakan pupuk nasa di padukan dengan pupuk mikro yg biasa di gunakan..untuk lebih detailnya bapak bisa menghubungi saya di nomor 085277611188..terima kasih…

  12. kalau buah sudah tua sudah berbau harum sdh. jth tp belum matang tu penyakit apa ya tolong solusinya….trim…

    • Terima kasih mas rizki atas kunjungannya,permasalahan tanaman trs mungkin saja di karenakan kurangnya asupan nutrisi yg di perlukan di saat proses pemasakan buah,sehingga buah menjadi mengkal/gak matang…jadi solusinya pemupukan yg berimbang antara unsur makro dan mikro,sehingga buah isinya lebih maksimal..untuk info lebih lanjutnya mas rizki bisa menghubungi saya di nomor 085277611188…terima kasih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: