Oleh: nasa88 | 31 Juli 2016

Budidaya Asam Gelugur

 

Buah asam gelugur atau Garcinia atroviridis Griff. sering dimanfaatkan oleh masyarakat Sumatera ( Aceh hingga sumatera selatan)  sebagai bumbu masakan, makanan ringan dan obat-obatan. Padahal bukan hanya sebatas itu, buah asam gelugur juga dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik, bahan dasar industri kimia dan lain-lain.

Pada umumnya buah asam gelugur dibuat sebagai asam potong. Negara yang mengimpor asam potong ini adalah negara India, China dan Malaysia. Di malaysia asam potong yang diimpor tadi digunakan sebagai bumbu masakan, membuat minuman, sirup dan lain-lain. Di Indonesia provinsi yang mengekspor asam gelugur adalah Aceh dan Sumatera Utara.

Peluang  usaha untuk budidaya asam gelugur sangat besar, karena belum banyak yang mengenala asam gelugur dan jarang membudidayakannya. India membutuhka 360 ton asam potong dari Sumatera Utara, belum lagi dari negara China dan Malaysia. Sehingga kebutuhan negara Pengimpor asam gelugur belum terpenuhi secara optimal. Sedangkan Indoesia sebagai salah satu negara Pengekspor asam gelugur kewalahan atas permintaan yang sangat besar bahkan untuk kebutuhan dalam negeri sulit untuk dipenuhi.
Cara Budidaya Asam Gelugur

Tidalah sulit untuk membudidayakan tanaman ini. Bibit yang diguanakan untuk budidaya bisa berasal dari dua alternatif yaitu :

  1. Dari biji asam gelugur.
  2. Secara vegetatif menggunakan bagian tanaman seperti cangkok batang dan sambung pucuk.

Kelebihan jika dibudidayakan dari biji adalah umurnya yang bisa mencapai ratusan tahun sehingga produktifitas selalu didapat tanpa perlu melakukan replanting. Sedangkan kalau dari vegetatif kelebihannya adalah pohon yang relatif kecil dan cepat untuk berbuah. Akan tetapi untuk tanaman dari hasil vegetatif rentan terserang penyakit dan mudah rebah jika terkena angin kencang sehingga lebih disarankan menggunakan bibit yang dkembangkan dari biji.

Cara Menanam
 
Dibutuhkan 90 -110 bibit asam gelugur untuk lahan satu hektar dengan jarak tanam 9×9 meter atau 10×10 meter.
Pemupukan
  • Ketika umur tanaman 5 bulan – 1 tahun cukup pemberian Super Nasa + Poc Nasa + Hormonik dengan di tambahkan pupuk kimia yang biasa di gunakan seperti NPK dllnya.
  • Pemupukan  dilakukan  periode 2-3 kali setahun.
  • Apabila sudah berbuah untuk pupuk nasanya di tambahkan Power Nutrition.
Pemanenan
 
Untuk tanaman yang dibudidayakan dari biji memerlukan  waktu untuk berbuah 6-7 tahun sedangkan dari stek akar membutuhkan waktuk yang lebih singkat yaitu 4-6 tahun.
buah yang dipanen tergantung kebutuhan, apakah untuk pembibitan, dikeringkan atau dijual dalam bentuk segar.
Pemasaran
Kebutuhan negara lain seperti India, China dan Malaysia akan asam gelugur yang sangat besar membuka peluang Ekspor yang mengairahkan. Sedangkan untuk kebutuhan dalam negeri tidak terlalu besar karena kurangnya masyarakat akan kegunaan buah asam gelugur sehingga berpeluang besar untuk membukan industri baru berbasis pertanian dengan produk dasar asam gelugur untuk ditingkatkan nilai tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: