Oleh: nasa88 | 5 September 2016

Faktor Peningkatan Produksi Telur Puyuh

puyuh petelurPada dasarnya puyuh merupakan unggas biasa yang hidup di hutan – hutan atau di habitat aslinya. seiring dengan perkembangan zaman kini unggas ini di jadikan sebagai langkah untuk memulai bisnis atau usaha. di dalam usaha pasti tidak akan jauh dari modal, untung dan rugi, yang kita inginkan tentunya adalah bagaimana mendapatkan hasil yang maksimal.Berikut faktor yang perlu di perhatikan pada budidaya puyuh petelur :
 1. Kualitas Bibit
Nah kualitas bibit merupakan salah satu faktor paling penting dalam usaha ini karena bibit yang bagus pastinya akan menghasilkan produk yang berkualitas, sebelumnya saya juga pernah menulis artikel tentang Jenis – Jenis Burung Puyuh Unggulan, mulailah dari mencari-cari informasi mengenai jenis puyuh apasaja yang bagus untuk di pelihara, dan di ternakan untuk memulai usaha ini.

2. Umur Burung Puyuh

Umur puyuh juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi produktifitas burung puyuh petelur, karena semakin tua burung puyuh semakin menurun produktivitas nya, sebaiknya burung puyuh yang sudah mencapai umur yang maksimal di regenerasi atau di peremajakan dengan puyuh myang masih muda agar bisa produksinya pun menjadi maksimal.

3. Perawatan Burung Puyuh

  • Periksa dan jaga kebersihan kandang. Kandang yang bersih akan membuat burung puyuh lebih sehat jika burung puyuh sehat maka produksi telur pun akan maksimal. kebersihan kandang dapat dilakukan dengan membersihkan bawah / kolong kandang dari rontokan kotoran puyuh. caranya bisa menggunakan sapu lidi ataupun alat yang lainya.
  • Rajin Membersihkan kotoran burung puyuh.Kotoran Puyuh yang menumpuk bisa menyebabkan pengap pada kandang, selain itu bisa mengundang berbagai macam penyakit pada puyuh. Pembersihan kotoran puyuh bisa dilakukan dalam 3 hari 1 kali
  • Pemberian Campuran Nutrisi yang tepat pada campuran pakan atau airminum seperti penggunaan Viterna + POC Nasa + Asam Amino Sehingga mampu meningkatkan produksi panen telur puyuh.
  • Menjaga Kehangatan dalam kandang.Untuk menjaga kehangatan kandang bisa mennggunakan lampu bohlam yang dimasukan di kandang , nah pada tahap ini anda bisa mengukur sendiri kehangatan kandang. karena perbedaan usia puyuh pun bisa mempengaruhi kehangatan yang pas untuk puyuh. untuk puyuh usia dini / anakan sebaiknya jangan terlalu panas, biasanya di beri 3 lampu 70 watt untuk kandang berukuran 2x 0.5 meter. untuk puyuh dewasa cukup lampu 1 30 – 40 watt untuk kandang berukuran  1,5 x 0,5 meter.
  • Periksa Ketersediaan makanan dan minuman burung puyuh.Pemilihan pakan pada burung puyuh akan mempengaruhi kualitas dari telur itu sendiri.Kualitas telur puyuh yang bagus bisa di lihat dari bobot telur puyuh atau ketebalan cangkang pada puyuh.Pada pemilihan pakan ini juga kita dihadapkan pada keuntungan dan manajemen pengeluaran yang baik , kita dituntut bagaimana menghasilkan telur yang berkualitas dengan campuran pakan yang murah.Jika biasanya pakan burung puyuh yang biasa atau di khususkan untuk petelur di campur dengan dedak / bekatul. coba untuk mencari alternatif lain .Teknik pencampuran pakan pun harus diperhatikan, untuk memperoleh daya saing di pasaran tentunya kita dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas telur yang kita pasarkan.Sebaiknya hindarilah kehabisan stok makanan pada kandang puyuh, dan jangan lupa periksa ketersediaan minuman burung puyuh. Pemberian makanan / minuman puyuh dapat dilakukan 1 sehari sekali yaitu pada sore / pagi hari, jika burung puyuh kelaparan dapat mengakibatkan penurunan produksi atau bahkan burung puyuh bisa matii. jadi lakukan pengecekan dan pemberian makanan dan minuman puyuh secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: