Penyebab Ayam Diare (Mencret)

Tiba-tiba ayam mencret? Kotorannya jadi sangat cair? Sehingga saat ayam mengeluarkan kotoran seakan berbunyi ‘cret’? Pasti sekitar pantat ayam belepotan bekas kotorannya. Pasti ayam akan lesu menunduk sedih. Pasti nafsu makannya turun. Pasti ayam akan semakin kurus. Dan yang paling pasti, peternaknya pasti pusing tujuh keliling.

Ayam mencret bisa diakibatkan oleh beberapa sebab, yaitu:

  • Masuknya bibit penyakit. Keadaan ini juga ditandai dengan perubahan warna kotoran. Misalnya penyakit  ND (New Castle Desease/tetelo) dan malaria menyebabkan ayam mencret dan kotorannya berwarna hijau; penyakit Gumboro dan Pullorum menjadikan ayam mencret  dan kotorannya berwarna putih; dan penyakit Koksidiosis mengakibatkan ayam mencret dan kotorannya berwarna coklat kemerahan. Jika itu terjadi, ayam tampak tak bergairah, ngorok/cekrek, dan kematian tinggi (terutama penyakit yang disebabkan virus seperti ND dan Gumboro).
  • Heat stress (stres panas) yang mendorong  ayam minum lebih banyak dan lebih sering dibandingkan makan. Lingkungan kurang tenang, pekerja yang kurang hati-hati bisa menyebabkan ayam stres juga. Jadilah ayam mencret.
  • Mutu kandungan pakan juga sangat berpengaruh. Kandungan garam yang terlalu tinggi pada pakan akan merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam. Kandungan protein yang terlalu tinggi mengakibatkan asam urat dalam ginjal ayam terlalu tinggi konsentrasinya. Kedua hal itu merangsang ayam minum air lebih banyak  sehingga terjadilah mencret.

Ayam memang sangat rawan terhadap perubahan mutu pakan. Perubahan pakan secara mendadak bisa menurunkan gairah makan ayam sehingga menghambat pertumbuhan bobot ayam. Untuk mencegahnya, jumlah dan mutu pakan harus diperhatikan. Jika peternak terpaksa mengganti merk atau jenis pakan, lakukan penggantian bertahap :

  • Hari ke-1 : pakan merk lama 3 karung dicampur pakan merk baru 1 karung.
  • Hari ke-2 : pakan merk lama 2 karung dicampur pakan merk baru 2 karung.
  • Hari ke-3 : pakan merk lama 1 karung dicampur pakan merk baru 3 karung.
  • Hari ke-4 dan seterusnya : pakan merk baru

Ayam mencret akan menyebabkan sekam menjadi basah. Sekam yang basah akan menimbulkan beberapa masalah bagi ayam, antara lain :

  • Mengeluarkan gas amonia berbau menyengat yang menyebabkan luka pada saluran pernapasan ayam. Ayam mudah terkena penyakit saluran pernapasan seperti CRD, ND, AI dan lain sebagainya
  • Menjadi tempat berkembangnya bibit penyakit
  • Mengundang serangga penyebar penyakit seperti lalat dan kutu
  • Telapak kaki anak ayam mudah luka dan timbul kemerahan di bagian otot dada akibat amonia yang bersifat panas

Segeralah mengganti sekam basah. Penggantian sekam jangan terlampau sering karena dapat mengganggu pertumbuhan ayam. Jika sekam yang menggumpal sedikit, pilih, pungut dan buang ke luar kandang. Jika sekam yang basah dan menggumpal sudah banyak, lebih baik tindih dengan sekam yang baru di atas sekam yang basah.

Tindakan Pengobatan dan Penanganan
 
Tindakan pengobatan yang dapat di lakukan jika ayam sudah terlanjur terserang penyakit infeksi saluran pencernaan diatas, antara lain:
  • Segera pisahkan ayam yang positif terinfeksi ND, Colibacillosis, Kolera dan Pullorum tersebut.
  • Untuk mengatasi serangan ND, obati dengan Ampicol, Doxytin, Koleridin, atau Neo Meditril. Sedangkan saat terjadi komplikasi antara ND dan koksidiosis obat yang dapat diberikan antara lain Therapy atau Duoko.
  • Untuk menangani  Colibacillosis, obat yang dapat dii berikan antara lain Ampicol, Amoxitin, Coliquin, Neo Meditril, Proxan-s, Tycotil atau Trimezyn.
  • Untuk kasus infeksi kolera, lakukan tindakan pengobatan berdasarkan tinkat keparahan penyakit, Untuk kolera ringan dapa di berikan antibiotik yang dapat di aplikasikan melalui air minum seperti Amoxitin, Proxan-S, atau Coliquin. Sedangkan kolera parah pilhlah antibiotik yang di berikan secara suntikan seperti Gentamin, Medoxy LA aau Vet strep
  • Pada kasus serangan pullorum dapat dilakukan pengobatan seperti Proxan-s, Koleridin, Therapy, Trimezyn-s atau Vita Chlor.
  • Untuk semua kasus penyakit, setelah pengobatan berikan multivitamin untuk mempercepat proses penyembuhan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s