Cara Tradisional Menambah Nafsu Makan Ternak Kambing

Temulawak adalah salah satu tanaman obat tradisional dari indonesia.  Secara fisik temulawak memiliki bentuk bongkahan, berwarna kuning (orange), mempunyai bau khas temulawak, rasa pahit serta mengandung zat antinutrisi berupa mimosin. Komponen utama kandungan zat yang terdapat dalam rimpang temulawak adalah :

  • Zat kuning yang disebut kurkumin dan juga protein.
  • Zat pati serta zat-zat minyak atsiri. Zat pati dalam temulamak merupakan zat pati yang mudah dicerna.

Minyak atsiri dan kurkumin di dalam temulawak mempunyai khasiat merangsang sel hati untuk meningkatkan produksi empedu dan memperlancar sekresi empedu sehingga cairan empedu jumlahnya meningkat. Hal ini akan mengurangi partikel-partikel padat yang terdapat dalam kantung empedu.
Empedu berfungsi dalam melarutkan lemak. Dengan lancarnya sekresi empedu, maka akan dapat menurunkan kadar kolesterol dan pencernaan sehingga penyerapan lemak berjalan lancar. Temulawak berpengaruh pada kinerja pankreas dan meningkatkan nafsu makan. Temulawak dapat mempercepat pengosongan lambung. Dengan demikian akan timbul rasa lapar dan merangsang nafsu makan.

Manfaat Temulawak

Dengan kandungan yang dimiliki oleh temulawak tersebut, maka temulawak dapat digunakan untuk:
– meningkatkan nafsu makan
– melancarkan ASI
– antioksidan
– menurunkan lemak darah
– mencegah penggumpalan darah
– memperbaiki fungsi pencernaan
– menjaga kesehatan hati (liver).

Liver sendiri adalah organ terbesar dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi bagaikan sebuah pabrik farmasi. Liver menyaring darah dan membuang racun2 hasil proses metabolisme dan menambahkan berbagai macam zat ke dalamnya untuk membantu proses metabolisme dan pencernaan makanan.

Pemberian temulawak + gula aren (gula Merah )yang bagus sekitar 1% sampai 1,5% dari berat kambing dilakukan setiap hari selama 3 hari,dilihat perkembangan kambingnya,dan setelah 3 hari bisa di tambahkan produk nasa yang berupa VITERNA + POC NASA di air minum kambing.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s